Sabtu, 17 Desember 2011

Mengelola Keuangan Pribadi dengan Pemrioritasan Kebutuhan



Dalam kehidupan zaman sekarang mengontrol keuangan sangatlah penting.kebanyakan para remaja zaman sekarang menghabiskan uang hanya untuk barang yang tidak penting atau hanya untuk mengikuti gaya/ periode kebutuhan yang semakin berkembang.Contoh saja ibu rumah tangga yang membutuhkan alat-alat rumah tangga untuk menunjang kebutuhan sehari-hari atau para-para mahasiswa yang membutuhkan biaya untuk menunjang kebutuhan kuliah. Dengan tidak bisanya kita mengontrol keuangan / tidak bisa mengelola keuangan dengan mengutamakan kebutuhan akan menyebabkan pengeluaran yang sangat besar seperti pepatah " Besar pasak daripada Tiang " .

Berikut tips yang dapat saya bagi dalam pemrioritasan kebutuhan :

1. Utamakan membeli barang yang dibutuhkan dahulu
2.Pintar-Pintar menahan hawa nafsu  Maksudnya adalah jangan membeli suatu barang karena hanya sebuat keperluan fashion ataupun hanya ikut-ikutan teman.
3. Pilih makanan murah meriah. Maksudnya adalah jangan sering membeli makan yang mahal atau makan di restoran terkenal. Hematlah pengeluaran dengan memasak sendiri atau membeli lauk di warteg saja.
4.Menabunglah selagi bisa. Menabung sangat dibutuhkan ketika ada sebuah kebutuhan yang tidak terencana. Misalnya untuk membeli obat dan perawatan sakit.

Demikianlah tips dari saya semoga berguna bagi para pembaca yang membaca tips saya ini

Narasumber : ferrylaks.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar