Minggu, 20 November 2011

Pengertian Kalimat

Kalimat adalah gabungan dari dua buah kata atau lebih yang menghasilkan suatu pengertian dan pola intonasi akhir.Kalimat dapat dibagi-bagi berdasakaran jenis dan fungsinya yang akan dijelaskan oleh bagian lain dalam suatu kalimat.Kalimat dalam bahsa arab adalah satuan liguistik  yang terkecil yang bisa bediri sendiri dimana kalimat dalam liguistik itu menganduk satuan dari bahasa atau ajaran yang berisikan kata atau kumpulan kata yang memiliki pesan atau tujuan dan diakhiri dengan intonasi final.tetapi dalam bahasa lati kalimat disebut juga sintaks atau sintakis.contohnya saja kalimat tunggal,kalimat Tanya,kalimat majemuk ,dan lain sebagainya.

Kalimat tunggal
Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya mempunyai satu pola kalimat. contoh : aku pergi bermain sepak bola bersama teman-teman ditanah kosong.

Kalimat Tanya
Adalah suatu kalimat yang mengandung suatu permintaan supaya kita mengetahui (diberi tahu) tentang sesuatu yang belum diketahui Contoh: Dimanak rumahmu sekarang?


Kalimat majemuk
Kalimat majemuk adalah kalimat yang mempunyai dua pola kalimat atau lebih. Setiap kalimat majemuk mempunyai kata penghubung yang berbeda, sehingga jenis kalimat tersebut dapat diketahui dengan cara melihat kata penghubung yang digunakannya. Jenis-jenis kalimat majemuk adalah:
1.    Kalimat majemuk setara
Adalah pengabungan dua buah kalimat atau lebih kalimat tunggal yang kedudukannya sejajar atau sederajat
2.    Kalimat majemuk bertingkat
Adalah  pengabungan dua buah kalimat atau lebih kalimat tunggal yang kedudukannya berbeda
3.    Kalimat majemuk campuran
Adalah Gabungan antara kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat
4.    Kalimat majemuk rapatan
Adalah  gabungan beberapa kalimat tunggal yang karena subjek,predikat atau objeknya sama maka bagian yang sama hanya disebutkan sekali.

Kesimpulannya:
Kalimat merupakan kumpulan kata-kata yang memiliki sebuah arti dan kalimat merupakan suatu bahasa yang terdiri dari dua kata atau lebih yang mempunyai pengertian dan pola intonasi akhir.

Sumber;
Organisasi.Org
id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar