Kamis, 03 November 2011

CYBERBULLY


A. SEKILAS TENTANG CYBERSPACE
Apa itu Cyberspace? Internet adalah sebagian dari Cyberspace. Tumbuh 10-15% dalam sebulan, dan mungkin sekarang telah meng-interkoneksi puluhan-juta komputer-komputer PC. Beberapa ratusan-juta pelanggan telepon juga sebagian dari Cyberspace. Demikian juga ratusan-juta pemirsa TV beserta pemancar-pemancarnya.

Cyberspace lebih menyerupai suatu sistem-Ekologi (seperti Biosphere misalnya), daripada suatu mesin. Suatu sistem bio-electronic yang sangat serupa dengan suatu Complex-Adaptive-Sistym. Yaitu suatu sistem yang komplek dan lincah sekali dapat menyesuaikan diri secara mandiri, dengan suatu sistem umpan-balik, serupa suatu sistem biologi yang hidup. Itulah sebabnya dinamakan bio-electronic.

Kata "cyberspace" (dari cybernetics dan space) berasal dan pertama kali diperkenalkan oleh penulis novel fiksi ilmiah, William Gibson dalam buku ceritanya, "Burning Chrome", 1982 dan menjadi populer pada novel berikutnya, Neuromancer 1984 yang menyebutkan bahwa:

Cyberspace. A consensual hallucination experienced daily by
billions of legitimate operators, in every nation, by children being taught mathematical concepts... A graphic representation of data abstracted from the banks of every computer in the human system. Unthinkable complexity. Lines of light ranged in the nonspace of the mind, clusters and constellations of data.Like city lights, receding.

Pengertian Cyberspace dari beberapa ahli.

1. Cyberspace menurut (Gibson, Neuromancer 1993).Cyberspace’ adalah sebuah: “ halusinasi yang dialami oleh jutaan orang setiap harinya (berupa representasi grafis yang sangat k ompleks) dan data di dalam sistem pikiran manusia yang diabstraksikan melalui bank data setiap komputer”.

2. Cyberspace menurut (Howard Rheingold)

Cyberspace adalah sebuah ‘ruanQ imaiiner’ atau ‘maya’ yang bersifat artifisial, di mans setiap orang melakukan apa saja yang biasa dilakukan dalam kehidupan sosial seha& han dengan cara yang baru.Yang disebut ‘ruang’ (space) di dalam cyberspace adalah ‘data soace’, yaitu ruang imajiner yang terbentuk oleh bit-bit atau bytes. Jadi, ía bukan ruang ‘fisik’

Cyberspace terdiri dan dua kategori ruang ;
1. private cyberspace (‘ruang’ yang hanya dapat diases oleh individu tertentu)
2. public cyberspace (wang yang dapat diases oleh umum)

Keunggulan dari Cyberspace yaitu;

· Tingkat kecepatan dan keefisienannnya Dimana cyberspace ini bisa menyiarkan pesan dan informasi yang dibutuhkan oleh users secara langsung.
· Bisa berkomunikasi dan ber-teleconference dengan 1000 orang atau bahkan lebih dalam 1 waktu dan 1 ruang yaitu cyberspace.

Kekurangan dari Cyberspace yaitu; 

· sifat dari kuminkasi yang terjadi di cyberspavce itu sendiri bersifat luas. Sehingga membuat proximity (kedekatan) antar users terasa kurang.
· Cyberspace juga sering kali digunakan sebagai wadah untuk cybercrime, seperti ancaman, penipuan, bahkan pelecehan seksual dan para pelaku cybercrime lebih susah untuk ditemukan. Karena belum ada cyberlaw yang cukup kuat untuk membasmi cybercrime.
· Terkadang Cyberspace membius beberapa orang terjebak dalam dunia maya tersebut, mereka menomor-duakan kehidupan nyatanya. Karena ia merasa dia lebih merasakan kehidupan sepeti apa yang ia inginkan di cyberspace.

B. SEKILAS TENTANG CYBERBULLY

Cyberbully adalah sebuah aksi dimana pelaku melakukan tindakan diluar batas kepada orang lain. Cyberbully adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dimana tindakan ini dilakukan oleh teman seusianya, mereka melakukan tindakan ini melalui dunia cyber atau internet. Contoh-contoh kejadian cyberbully dimana seorang anak atau remaja dihina,diejek,diintimidasi atau dipermalukan oleh teman-temannya melalui dunia internet,atau teknologi digital dan telpon seluler.Didalam kalangan remaja Cyberbully ini sangat mendapatkan perhatian dari para orangtua dan guru-guru. Karena dari penggunaan Cyberbully ini kebanyak orangtua dan guru merasa khawatir anak-anak yang sering berselancar di internet akan menjadi korbnan dari aksi yang sangat tidak bertanggung jawab.Penyebab yang bias terjadi Cyberbully karena dendam,kemarahan atau akibat perasaan frustasi.

Jika Seorang anak menggunakan Cyberbully berkepanjangan bias mengakibatkan / mematikan rasa percaya diri seorang anak, atau bias saja membuat anak menjadi murung,khawatir,selalu merasa bersalah dan gagal karena merasa tidak mampu mengatasi permasalah yang sedang dihadapinya.

I. Hal-hal yang menyebabkan Cyberbully

1. Suka menaruh email asli atau password pada jejaring social yang kita punya.
2. Membuat password yang sembarangan atau mudah dikenal dan mudah ditebak oleh kebanyak orang contoh: tanggal lahir.
3. Suka sembarang mengupload foto pada profil jejaring social yang kita punya.
4. Suka memberikan password kepada oranglain meskipun sekalipun itu teman dekat.
5. Suka berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal.

II. Contoh-Contoh kasus Cyberbully

Contoh Perilaku Cyberbullying Melalui
Seorang anak perempuan sebut saja namanya ika “nama samaran” mempunyai teman sebut saja tara “nama samaran” yang sangat iri atau bisa dibilang yang sangat tidak suka dengan kecantikan dan kemolekan tubuh ika. Suatu ketika tara menulis diakun Facebooknya bahwa si ika pernah melakukan hubungan terlarang dengan dosen.Dimana si tara selalu menulis di akun facebooknya kalau ika perempuan yang sangat hina perempuan yang sangat tidak tau malu dan sepantasnya tidak kuliah dikampus yang sama dengannya.Karena perilaku tara tersebut si ika merasa malu dan tidak ingin melanjutkan kuliahnya seperti biasa.Hal ini membuat ika sangat frustasi dan menjadi gila.

III. Pencegahan Cyberbully

Dengan mendownload beberapa aplikasi untuk mengehentikan cyberbully
1. Bully block
Aplikasi cyberbully ini diperuntukkan untuk ponsel Android, bisa diperoleh dari Android Market dan Amaxon App Store. Aplikasi ini dibuat oleh Spy Parent. Bully Block diklaim dapat memblokir dan menjaring teks, panggilan serta gambar yang mengandung kata-kata yang tidak pantas. Terdapat pula fitur “instant reporting” yang nantinya akan mengirimkan pesan-pesan berbahaya tersebut melalui email atau SMS kepada orangtua, guru, atau polisi. Selain itu, Bully Block memiliki opsi “secret recording” yang dapat merekam setiap pelecehan yang terjadi setiap hari dari para pelaku bully.

2. Call Safety
Aplikasi ini dirancang untuk smartphone oleh Web Safety. Call Safety dapat mengeluarkan peringatan / pemberitahuan kepada orang tua setiap kali anak mereka mendapatkan pesan yang tidak pantas. Selain itu, aplikasi ini juga mampu memindai teks untuk mencari 4.000 kata berbeda yang dianggap bermasalah, yang mengindikasikan seorang anak dalam bahaya. Aplikasi ini juga memiliki fitur GPS tracking dan fitur yang melarang remaja SMS-an ketika mengemudi.

3. GoGoStat Parental Guidance
Ini adalah sebuah aplikasi web gratis dimana para orang tua dapat memantau aktivitas internet anak mereka. Anda dapat memantau postingan anak di Facebook. Program ini juga dapat mengeluarkan peringatan kepada orang tua ketika anak memposting foto dan profil yang tidak seharusnya dilihat publik. Dan ketika anak menambah teman baru, Anda juga bisa memantau usia dan lokasi teman barunya itu. Terdapat pula fitur “panic button” yang secara otomatis akan mengirimkan laporan kepada penegak hukum.

Sumber: Parentingsquad

Kesimpulan :

Untuk Zaman sekarang cyberbully sangatlah menjadi satu permasalahan yang harus dipikirkan, Dimana pada zaman sekarang wawasan setiap anak semakin luas dan teknologi yang mereka dapatpun semakin canggih hari demi hari.dan sebaiknya dalam berjejaring social pada saat ini mesti harus sangat berhati-hati,janganlah kita suka berkomunikasi dengan orang yang sanagat tidak kita kenal dan memilah-milah perkataan yang ingin kita ucapkan di jejaring social di jejaring social. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar