Rabu, 16 Januari 2013

8 Manfaat minum air putih


Bagi sebagian orang belom mengerti apa manfaat meminum air putih dan ada juga yang sudah sering rutin meminum air putih tetapi belom tau apa manfaat minum air putih tersebut. Disini saya akan menjelaskan secara singkat manfaat-manfaat dari minum air putih

1.      Meningkatkan energi

Mengonsumsi air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme, membantu seseorang menjadi lebih waspada serta merasa lebih segar karena adanya peningkatan energi di dalam tubuh. Hal ini karena hampir semua bagian tubuh memerlukan air agar bisa bekerja secara optimal, jika tubuh dehidrasi akan timbul kelelahan dan lesu sehingga menjadi tidak efisien.

2.      Menghilangkan racun

Minum air di pagi hari akan membantu meringankan fungsi ginjal dalam hal menghilangkan berbagai racun dan produk buangan (limbah) dari dalam sistem tubuh. Hal ini karena saat malam hari tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

3.      Mengurangi berat badan

Mara Z. Vitolins, seorang ahli nutrisi dari Wake Forest University Baptist Medical Center menuturkan umumnya tubuh tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus, karenanya konsumsi air minum bisa membantu membedakan hal tersebut.Selain itu jika seseorang minum air putih saat sedang lapar akan terlihat adanya penurunan nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan, dan menghindari konsumsi minuman lain yang tinggi gula, aklori atau kafein.Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik atau asupan airnya cukup bisa dilihat dari warna urine, normalnya warna urine yang baik adalah jernih dan bukan kuning pekat.

4.      Air mencegah gigi berlubang

Kerusakan gigi umumnya berasal dari penumpulan asam yang menggerogoti enamel. Asam ini bisa dinetralkan dengan ludah atau air liur dan mengandung mineral khusus yang membantu memperbaiki gigi. Selama tubuh terhidrasi, tubuh akan memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga gigi dan menghindari gigi berlubang.
Seseorang biasanya kehilangan sekitar 2-3 gelas air melalui pernapasan teratur dan satu gelas melalui keringat. Jika ditambah dengan air yang keluar saat di kamar mandi dan latihan fisik, maka diperkirakan tubuh butuh 8 gelas air per hari. Karenanya usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup.

5.      Air bisa meningkatkan kinerja mental

Jika seseorang tidak bisa mengingat suatu barang atau apa yang ingin ia tulis, ada kemungkinan otak mengalami kekeringan.Sekitar 80 persen jaringan otak terdiri dari air, karenanya jika mengalami dehidrasi bisa mengurangi kinerja memori jangka pendek dan mengganggu konsentrasi. Untuk itu penting menjaga asupan air di otak. Di otak, air membawa protein dan enzim yang membantunya memberikan nutrisi. Ketika terjadi dehidrasi, maka cairan ini akan menjadi lebih lambat sehingga performa mental secara langsung akan terpengaruh.

6.      Memperlancar sistem pencernaan
Jika kebutuhan cairan dalam tubuh anda terpenuhi, maka anda akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia.

7.      Mencegah batu ginjal
Batu ginjal sebenarnya disebabkan karena garam dan garam itu menurut teori larut dalam air. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal akan larut dan ikut keluar dengan air seni.

8.      Mencegah keriput dini
Salah satu faktor terjadinya keriput dini adalah karena kulit terlalu kering. Dengan minum air putih yang cukup, kelembaban kulit anda akan terjaga. Kelembaban tersebut dapat menjaga elastisitas kulit sehingga anda akan terhindar dari keriput dini.]

Selain yang disebutkan di atas, manfaat air putih sebenarnya masih banyak lagi baik untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan anda. Semoga beberapa penjelasan di atas mengenai manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan kulit dapat bermanfaat untuk anda.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar