Jumat, 11 Januari 2013

MANAJEMEN PENGETAHUAN


Pengantar
·         Pengetahuan dipandang sebagai sebuah komoditi atau sebuah aset intelektual
·         Karakteristik pengetahuan:
            1. Penggunaan pengetahuan tidak akan menghabiskannya
            2. Perpindahan pengetahuan tidak akan menghilangkannya
            3. Pengetahuan itu berlimpah, tetapi kemampuan terbatas untuk                               menggunakannya
            4. Banyak pengetahuan berharga hilang begitu saja

Definisi Awal Manajemen Pengetahuan
Proses penerapan pendekatan sistematik untuk menangkap, menyusun, mengelola, dan menyebarkan pengetahuan di seluruh organisasi untuk mempercepat kerja, menggunakan best practice, dan mengurangi biaya pengerjaan ulang dari proyek ke proyek

Transformasi Manajemen Pengetahuan
·         Manajemen Pengetahuan sudah lama dimplementasikan jauh sebelum istilah Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) diperkenalkan
·         1969 ARPANET sebagai cikal bakal jaringan internet
·         Fase-fase perkembangan meliputi:
-          1800 -* industrialisasi
-          1850 -* transportasi
-          1900 -* komunikasi
-          1950 -* komputerisasi
-          1980 -* visualisasi
-          2000 -* personalisasi
·         Era Industri -* Era Pengetahuan
·         Sedikit orang mengerjakan lebih banyak pekerjaan
·         Di Era Pengetahuan, organisasi hams dapat belajar, mengingat, dan bertindak berdasarkan informasi, pengetahuan, know-how yang tersedia
·         Memiliki dasar pengetahuan {knowledge base) -* lessons learned dan best practice yang berharga

Pembelajaran organisasi (learning organization) yaitu sebuah organisasi yang memiliki keahlian dalam penciptaan, perolehan, dan penyebaran pengetahuan serta mengadaptasikan aktifitasnya untuk merefleksikan pemahaman dan inovasi baru yang didapat. Sedangkan dimensi kedua (atas) terdiri dari elemen yang memungkinkan atau mempengaruhi aktifitas penciptaan pengetahuan, yaitu:
-          Strategy- penyelarasan strategi organisasi dengan strategi KMS.
-          Measurement - pengukuran yang diambil untuk menentukan apakah terjadi perbaikan KM atau ada manfaat yang telah diambil.
-          Policy - aturan tertulis atau petunjuk-petunjuk yang telah dibuat oleh organisasi.
-          Content- bagian dari knowledge-base organisasi yang ditangkap secara elektronik.
-          Process - proses-proses yang digunakan oleh knowledge worker organsisasi dalam rangka mencapai misi dan tujuan organisasi.
-         Technology - teknologi informasi yang memfasilitasi proses identifikasi, penciptaan, dan difusi pengetahuan diantara elemen-elemen organisasi di seluruh bagian organisasi. Peran penting teknologi dalam KMS adalah memperluas jangkauan dan meningkatkan kecepatan transfer pengetahuan. Peran ini sangat tergantung pada dua aspek yang paling banyak mendukung, yaitu penyimpanan dan komunikasi.
-          Culture - lingkungan dan konteks yang di dalamnya proses-proses KM harus terjadi (sering disebut dengan istilah nilai, norma, dan praktek).

Pendekatan Pengembangan Manajemen Pengetahuan
Manajemen pengetahuan bukan perkara yang sederhana, karena luas dan kompleksnya bidang manajemen pengetahuan ini para ahli mencoba membangun model untuk manajemen pengetahuan. Manajemen Pengetahuan dilaksanakan dalam sistem pengelolaan pengetahuan, atau Knowledge Management System (KMS).
            Sebagian besar organisasi yang menerapkan KMS, menggunakan pendekatan tiga cabang
untuk mengelola pengetahuannya, yaitu
-          Manusia (People),
-          Proses (Process), dan
-          Teknologi (Technology).
Penekanan terhadap tiap-tiap elemen bisa berbeda di setiap bagian organisasi. Berdasarkan model pendekatan di atas maka batasan dari knowledge management sebagai berikut :
Model :
 Yang termasuk teknologi informasi adalah antara lain:
                        (1)  telekomunikasi,
                        (2) sistem komunikasi optik,
                        (3) sistem pita-video dan cakram video,
                        (4) komputer, termasuk visi komputer, lingkungan data dan sistem pakar,
                        (5) mikrobentuk,
                        (6) komunikasi suara dengan bantuan komputer,
                        (7) jaringan kerja data,
                        (8) surat elektronik, dan (videoteks dan teleteks.)

Keberadaan teknologi informasi mampu menawarkan berbagai metode, antara lain :
1. Metode dan tools untuk merekam pengetahuan termasuk komputer, media simpan seperti pita magnetis dan cakram atau disc. Pencarian data teks lengkap memungkinkan pemakai menelusuri direktori, ensiklopedia, data statistik, dan keuangan yang terbacakan mesin. Ini semua dipermudah dengan tersedianya media simpan optik.
2. Metode menyimpan rekaman {record) mengenai berbagai kegiatan termasuk perangkat keras komputer seperti media simpan, yang dilengkapi perangkat lunak untuk merancang bangun, menciptakan, dan menyunting data, spreadsheet, dan perangkat lunak sejenis.
3. Metode untuk mengindeks dokumen dan informasi termasuk berbagai teknik pembuatan indeks berbantuan komputer serta berkas (files) khusus untuk memudahkan menemukan dokumen berdasarkan istilah atau kondisi istilah dalam berkas. Pangkalan data bibliografis yang besar yang memudahkan menemukan dokumen yang memenuhi syarat tertentu (misalnya berdasarkan pengarang atau subjek), kini berkembang dengan katalog sehingga membantu menentukan lokasi dokumen.
4. Metode mengkomunikasikan pengetahuan termasuk :
a. sistem pos elektronik untuk transmisi teks memo dan surat dokumen ;
b. system transmisi faksimili (facsimile) untuk transmisi dokumen jarak jauh berdasarkan prinsip fotokopi. Ini sama saja dengan fotokopi jarak jauh ;
c. majalah elektronik sebagai sarana komunikasi kegiatan dan hasil penelitian ;
d. telekonferensi artinya pertemuan jarak jauh, masing-masing peserta berada di berbagai tempat, saling berkomunikasi serta terlihat wajah masing-masing

manajemen pengetahuan kini berdiri di atas tiga kaki yaitu :
• Intelegensi buatan (artificial intelligence) yang membantu mengekstraksi informasi dari berbagai sumber untuk disimpan di knowledge base. Sebuah knowledge base memiliki format yang bisa ditelusur dan diakses sesuai keperluan pemakai. Pendekatannya berdasarkan asumsi bahwa knowledge base bisa dipisahkan dari knowledge carriers.
• Manajemen dokumen (document management) untuk menyimpan dan mengelola berbagai tipe dokumen di dalam satu pusat. Pemanfaatannya adalah melalui metadata.
• Teknologi jaringan komputer dan hypertext yang memungkinkan berbagai dokumen dihubungkan, sedangkan pencariannya didukung oleh search engine. Majunya Teknologi Informasi (Tl) memang bisa memacu efisiensi dan efektifitas organisasi. Karena dirasa banyak manfaatnya bagi organisasi, sehingga usaha-usaha untuk lebih memaksimalkan Tl terus berkembang. Bagi mereka, Tl telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dan merupakan infrastruktur yang penting bagi organisasi atau organisasi dalam memberikan nilai tambah atau keuntungan kompetitif.

Nama Kelompok :
1.     Agustine Hana Masitoh
2.     Angela Yurinov Kochani
3.     Bagus Praditya Priharto
4.     Fatmi Woro Diah Murti Sari
5.     Muhammad Reza Pahlevi
6.     Nur Ulfa
7.     Prirandito Sesaro Pamungkas
8.     Prisca Amelia
9.     Riska Dirasti
10.   Zogi Dian Wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar